Wednesday, January 19, 2011

Cars, Can’t Live Without Them?

Cars, Can’t Live Without Them?

Oct 11, 2008 Kategori : Lifestyle, Otomotif
Apa jadinya hidup Anda tanpa mobil? Mungkin sama buruknya dengan tidak mengetahui sama sekali perjalanan dan revolusi dari benda yang Anda kendarai tersebut. (momo)
Mobil canggih yang kita gunakan saat ini tidak langsung tercipta dengan begitu indahnya. Ada masa-masa di waktu lampau yang menjadi saksi bagaimana mobil (dan semua kendaraan automobile) berubah dan berkembang seiring dengan teknologi maupun kebutuhan. Inilah yang disebut dengan revolusi. Mobil sendiri pada awalnya lebih dikenal sebagai “automobile” atau “motor car”, yang kini dipersingkat menjadi “car” saja alias mobil.
Seperti yang kita semua tahu, mobil tidak tercipta dalam satu hari oleh satu inventor saja. Sejarah mobil terdiri atas evolusi yang terjadi di seluruh penjuru dunia, yang diperkirakan ada lebih dari 100.000 patents atau pihak yang menciptakan automobile modern. Namun yang pasti, Leonardo da Vinci dan Isaac Newton merupakan yang berjasa pada awalnya dengan menggambar theoretical plans untuk kendaraan bermotor.
Tahun 1769, kendaraan pertama yang dapat bergerak sendiri (self-propelled) di jalan adalah traktor militer yang diciptakan oleh Nicolas Joseph Cugnot, seorang engineer sekaligus mekanik asal Prancis. Ia menggunakan steam engine untuk memberikan daya bagi kendaraannya tersebut, yang dibuat berdasarkan instruksinya di Paris Arsenal. Tahun 1771 kendaraan dari Cugnot menabrak tembok (menjadikan hal tersebut sebagai kecelakaan kendaraan bermotor pertama), yang membuat stafnya meninggal dunia. This was the beginning of bad luck for the inventor, because the money for Cugnot’s road vehicle experiments ended.
Tahun 1789, patent untuk kendaraan steam-powered di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans, sedangkan tahun 1801, Richard Trevithick adalah yang pertama kali membuat di Inggris.
Berikutnya adalah generasi mobil-mobil listrik. Sebagai bukti bahwa automobile tidak hanya menggunakan steam engine, antara tahun 1832 dan 1839 Robert Anderson dari Skotlandia menciptakan kendaraan yang menggunakan tenaga listrik yang pertama. Dimana kendaraan ini menggunakan baterai, sehingga kendaraan tersebut menjadi berat, lambat, dan mahal. Mobil-mobil listrik yang lebih sukses diciptakan oleh Thomas Davenport dan Scotsmen Robert Davidson asal Amerika, yang menciptakan non-rechargeable electric cells. Prancis dan Inggris merupakan dua negara yanglangsung mendukung perkembangan kendaraan-kendaraan listrik ini di akhir 1800′an.
Seiring pergantian masa, berikutnya hadir pilihan versi uap, listrik, atau bensin. Mobil-mobil dengan daya bensin tidak cepat menarik perhatian karena pada awalnya memiliki beberapa kendala, walau pada masa berikutnya tenaga bensin menjadi pilihan utama. Dan yang paling penting, pada masa inilah ada satu hal penting yang mempengaruhi nilai mobil tersebut, yaitu desain.
Karl Benz merupakan inventor dari modern automobile seperti yang kita kenal sekarang. Pada tahun 1879, yang memadukan engine dan desain sebagai satu kesatuan. Tahun 1890, Daimler dan Maybach (Daimler Motor Company atau DMG) memproduksi brand Daimler. Lalu Benz dan DMG bekerja sama untuk menciptakan standarisasi mulai dari desain, produksi, purchasing, sales, hingga advertising-marketing. Baru pada akhirnya tahun 1926 keduanya bersatu menjadi perusahaan Daimler-Benz dan melahirkan Mercedes Benz yang legendaris.
Akhir tahun 1920′an ini adalah masa-masa dimana mobil diproduksi secara massal untuk kebutuhan pasar, maka dari itu diperlukan marketing plan yang ‘lebih’ untuk memasarkan desain-desain mobil ini. Tahun 1930, LaSalles yang dijual oleh Cadillac menggunakan mechanical parts yang lebih murah, sedangkan tahun 1950 Chevrolet berbagi hood, pintu, atap, dan jendela dengan Pontiac.
Hal ini pun terus merambah bagian-bagian dunia yang lain, dimana satu brand saling terkait dengan brand lainnya, baik itu dengan status divisi ataupun subsidiary. Dan hal ini pun terus berjalan seiring dengan revolusi produksi mobil baik dari segi teknologi engine ataupun desain.

Car, A Good Invention ?


Sebagian besar kendaraan automobile yang digunakan pada hari-hari ini adalah gasoline (bensin) atau diesel. Yang memang lebih kuat dalam hal daya jika dibandingkan dengan uap atau listrik, namun sayangnya merupakan salah satu penghasil terbesar polusi udara, yang mempengaruhi perubahan iklim dan pemanasan global!
Generasi di tahun 80′an telah memprediksi hal ini, dimana kerusakan lingkungan global akan terjadi secara terus menerus dan semakin parah jika penggunaan mobil  terus meningkat dan tidak diatur. Setelah lewat selama beberapa tahun, barulah sekarang berita ini kembali naik ke permukaan, dimana dampak dari polusi kendaraan sudah terlalu berdampak dan sulit dihentikan.
Well, kita tetap harus mengingat bahwa mobil adalah sebuah penemuan yang luar biasa. Who can honestly say they don’t enjoy the freedom of owning or driving a car? Siapa pun sangat menikmati manfaat mobil, dan lebih daripada itu, kita mungkin sudah ketergantungan akannya. Dan manfaat mobil bagi masyarakat tidak akan dihentikan begitu saja.
Yang dapat Anda lakukan saat ini sebenarnya sederhana. Yaitu kurangi berkendara, yang artinya dapat mengurangi gas emisi yang merupakan kontributor dari pemanasan global. Yang kedua, rajin mengecek mesin mobil Anda, sehingga asap yang dikeluarkan lebih minim dan tidak sama dengan bajaj atau bus PPD yang melintas di samping Anda. Yang ketiga, akan ada waktu bagi Anda untuk mengganti mobil Anda dengan mobil hybrid, listrik, atau hidrogen yang sedang giat diciptakan saat ini. Let’s stop global warming!

No comments:

Post a Comment